Aneka Gangguan Lambung

1. Maag, tukak lambung, (Iritasi, infeksi, borok, luka lambung/ulkus)

lambung

Pengertian Maag

Maag  merupakan bahasa Belanda. Dalam bahasa Indonesia, maag berarti lambung. Nama maag lebih popular dibanding dengan bahasa asing lainya yaitu gaster. Namun dalam medis, gaster sangat popular dibanding maag maupun lambung.

Lambung terletak di sebelah kiri pada bagian perut. Lambung memiliki 2 lubang di sebelah atas berhubungan langsung dengan esophagus dan lubang bawah berhubungan langsung dengan usus halus.

Lambung merupakan organ elastic yaitu bisa mengecil dan bisa pula membesar. Lambung dapat membesar sesuai jumlah makanan yang dimasukkan. Mereka yang makan dua porsi dalam sekali makan memiliki lambung berukuran besar.

Manfaat Lambung

Lambung dapat kita bayangkan sebagai kantong tempat menyimpan makanan untuk sementara. Makanan yang masuk melalui mulut akan berhenti sebentar di lambung. Setelah bercampur dengan enzim di dalam lambung, makanan akan berproses lagi, kemudian masuk ke usus halus. Secara umum, lambung memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Menampung dan menyimpan makanan untuk sementara
  2. Mencerna makanan menjadi protein dan zat sederhana lainya
  3. Menghancurkan bakteri yang berada di dalam lambung

 Gejala-gejala Penyakit Maag

Penyakit maag memiliki karakteristik mirip dengan penyakit pada umumnya. Maag memberikan informasi kepada penderitanya. Mereka menderita maag merasakan hal sebagai berikut:

  1. Sakit pada ulu hati

Ulu hati terletak dia antara dada dan perut yang membentuk cekung. Tempat ini merupakan pertemuan esophagus dan lambung. Tempat ini sering nyeri pada saat lapar maupun saat dimasuki makanan.

  1. Mual

Rasa mual sering kali menghampiri para penderita maag. Bahkan bisa terjadi muntah. Pada keadaan berat, muntah dapat berupa cairan berwarna kuning yang rasanya sangat pahit.

  1. Insomnia/sulit tidur pada pasien yang stress

Penderita maag yang disebabkan karena kejiwaan sulit tidur hingga beberapa hari, minggu, bahkan berbulan-bulan

  1. Mudah masuk angin

Penderita maag biasanya sangat mudah terkena masuk angin karena dinding lambung yang tipis. Untuk menghindari masuk angin, penderita maag sebaiknya tidak berada di ruangan yang ber-AC atau lingkungan yang bersuhu dingin

  1. Kepala pusing

Seseorang yang menderita maag sering mengalami rasa pusing jika terlambat makan. Kemungkinan besar, di dalam perut terjadi luka sehihngga darah dialirkan ke tempat yang sakit tersebut. Akibatnya pasokan darah ke otak yang membawa nutrisi dan oksigen berkurang. Kurangya nutrisi dan oksigen ke dalam otak menyebabkan kantuk maupun pusing.

Lambung juga sama halnya dengan organ lain yang perlu diperhatikan kesehatannya. Jadi. jangan sampai Anda menelantarkan lambung Anda hanya karena kesibukan Anda sehari-hari Gangguan lambung lainnya yang makin parah dapat terjadi jika tidak memperhatikan kesehatan lambung.

Apa yang terjadi jika kita tidak memperhatikan kesehatan lambung ?

Sebagian besar orang baru menyadari bahwa kesehatan lambung adalah sangat penting setelah mereka merasakan nyerinya lambung karena maag. Keadaan bertambah rumit ketika kita merasakan perih dan panas di ulu hati, mual dan kadang-kadang sampai muntah

Hasil survey terhadap 179 orang menunjukkan lebih dari 70% orang mengalami gangguan lambung/maag. Maag kadang disamakan dengan sindrom dyspepsia, yaitu kumpulan keluhan/gejala klinis yang terdiri dari rasa tidak enak/sakit, rasa penuh dan panas di perut bagian atas yang menetap atau mengalami kekambuhan keluhan rasa nyeri dan panas pada ulu hati (terkadang badan terasa meriang/panas dingin).

Sebuah survei panjang melibatkan ratusan penderita gangguan lambung, maag di Israil, Timur Tengah untuk pasien penderita maag kronis/lama. Ternyata bisa mengakibatkan tiga masalah kesehatan :

  • Lebih cepat berkurangnya daya ingat.
  • Lebih cepat berkurangnya daya pikir.
  • Lebih cepat berkurangnya daya penglihatan.

Karena 40-60% vitamin, gizi yang dicerna di lambung tidak terserap oleh tubuh.

Persepsi yang salah tentang maag!

Sebagian besar masyarakat menganggap sakit maag dan tukak lambung disebabkan oleh beban pikiran (stress), sakit kepala, merokok, makanan pedas atau asam dan makan tidak teratur. Hal tersebut kurang tepat, bahwasanya semua itu adalah faktor­-faktor resiko yang memperparah sakit maag dan tukak lambung.

Akibat dari persepsi yang salah ini maka obat yang paling sering dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan berulang untuk mengatasi sakit maag adalah antasida dan obat anti sekresi asam lambung seperti H2 bloker dan Proton Pump Inhibitor tanpa ada hasil penyembuhan total yang menjanjikan (kambuh-kambuhan)

Maag merupakan gangguan lambung di mana telah terjadi luka pada dinding lambung, mulai dari intensitas ringan (biasanya belum muncul gejala/asimtomatis), sedang, dan parah/kronis hingga terdapat bakteri H. pylori. Kalau sudah demikian terkadang timbul meriang/panas dingin tubuh, ini adalah perlawanan antara bakteri dengan daya tahan tubuh berlangsung.

Apa sebenarnya penyebab maag?

Dalam hal ini, yang berperan penting dalam lambung kita adalah mukosa lambung. Mukosa lambung merupakan lapisan pelindung lambung yang berfungsi untuk menahan asam lambung mengiritasi lambung, sehingga jika lapisan ini rusak, lambung kita akan mudah teriritasi oleh asam lambung yang berlebih.

Pada maag kronis dan tukak lambung penyebab bakteri jahat : clostridium, perfringens, escherichia coli, salmonella shingella, stophylococus dan infeksi bakteri Helicobacter pylori. Penyebab utamanya adalah akibat adanya infeksi bakteri H. Pylori. Bakteri ini melukai dinding lambung dan membuat borok yang sangat sakit bila terkena asam lambung. Bahkan jika dibiarkan berkepanjangan, dapat terjadi kanker lambung yang mematikan.

kanker lambung

Hasil penelitian penerima nobel kesehatan Dr. Barry Marshall dan J. Robin Waren membuktikan bahwa bakteri H. Pylori merupakan penyebab 90% kasus maag yang kronis dan tukak lambung. Penelitian ini juga menunjukkan infeksi H. pylori dalam jangka waktu yang lama merupakan pemicu utama terjadinya kanker lambung.

Tukak Lambung

Tukak lambung adalah salah satu kelainan sistem pencernaan yakni kerusakan pada selaput lender. Tukak lambung dapat disebabkan oleh:

  • Faktor-faktor : Kuman, Bakteri H Pylori, Toksin
  • Psikosomatis/kejiawaan : Kecemasan, ketakutan, stress, kelelahan tidak percaya diri,merasa tidak berguna, kecewa,waspada, terkadang sulit tidur merupakan faktor psikosomatis yang akhirnya dapat merangsang pengeluaran asam lambung di lambung. Jika asam lambung berlebihan, selaput lendir lambung akan rusak.

Lambung bocor

Sakit lambung yang awalnya terjadi iritasi lambung/sariawan lambung/erotif lambung/luka lambung, ulkus, tukak lambung kronis 90% diakibatkan oleh bakteri h pylori kalau ini berlangsung lama tidak tertangani dengan cepat dan tepat bisa berkibat fatal terjadi bocor lambung. setelah diketahui harus cepat dengan tindakan operasi.

Contoh kasus :

  1. Agus S 27 tahun Ds. Bendungan, Kec.Kedawung, Kab.Sragen, sakit lambung yang hanya diatasi dengan obat maag terus, obat dokter terus, tidak sembuh setelah periksa endoscopi ternyata sudah terlanjur terjadi luka, bocor lambung. Sudah operasi lambung bocor, terjadi infeksi membusuk bekas operasinya di rumah sakit sragen, akhirnya jiwanya tidak tertolong tgl 27 nopember 2011. Info dari Bu Khamsiyah, S.Pd. kepala SDN Bendungan, Kedawung, Kab.Sragen.
  2. Info dari Bu Wulan. Mbah saya sudah lama sakit lambung, maag sudah lama hanya diatasi obat maag biasa, obat dokter juga, tapi tidak sembuh-sembuh, setelah periksa dokter diendoscopi ternyata sakit lambung mbah saya itu sudah luka dan bocor lambung alhamdulillah segera tahu lebih cepat sehingga harus operasi dua bulan yang lalu dan sudah sembuh sampai sekarang 18 April 2017. Saran kalau sudah punya keluhan maag, lambung segera diatasi secara cepat dan tepat serahkan saja kepada ahlinya sehingga tidak perlu operasi lambung bocor.

Solusi yang salah dalam mengatasi magg !!!

Jika gejala sakit maag datang, sebagian besar orang langsung menkonsumsi obat golongan antasida atau penghambat sekresi asam lambung. Perlu diketahui bahwa obat-obat tersebut hanya mengobati gejala maag sementara (bersifat simtomatis). Suatu saat sakit maag bisa kambuh kembali secara tiba-tiba, bahkan bisa lebih parah (kambuh-kambuhan sampai berbulan-bulan bahkan tahunan karena tidak mampu mengatasi sumbernya maag dan tukak lambung)

Maag kronis atau tukak yang parah disebabkan adanya infeksi bakteri Helicobacter pylori. Untuk mengatasi infeksi pylori, tidak hanya satu jenis herbal saja melainkan kombinasi aneka herbal terbaik khusus memberantas bakteri jahat tersebut dan regenerasi sel-sel yang rusak (iritasi luka lambung akibat bakteri jahat).

2. Radang lambung (Gastritis)

  radang-lambung

A. Dua Tipe Radang Lambung :

1. Radang Lambung Dispepsia Fungsional (ini diderita lebih dari 80% penderita,)

  • Saluran pencernaan dilapisan mukosa lambung terlihat kemerahan, terlihat dengan endoscopi.
  • Pemicu : stress, konsumsi makanan pedas, asam, mengandung alkohol, merokok
  • Gejala : nyeri di ulu hati / perut bagian atas, mual dan kembung karena ketidakseimbangan asam dan basa dalam saluran pencernaan, asam berlebihan naik ke atas mendorong di ulu hati hingga membuat nyeri di ulu hati,  hal ini sering disebut dispepsia fungsional.

2. Radang Lambung Dispepsia Ulkus (diderita berkisar 20%penderita maag) Gejala : mirip diatas dyspepsia fungsional, tetapi kerap disertai muntah hebat, karena ada kelainan pada saluran pencernaan seperti :

  • Tukak lambung(luka pada lapisan mukosa lambung)
  • Polip lambung (adanya tonjolan / benjolan dilapisan mukosa lambung,)
  • adanya kanker lambung

Hasil endoscopy adanya : lecet, iritasi, sariawan, luka lambung, tukak lambung, terkadang adanya bakteri H.Pylori

B. 10 Jenis Gastritis / radang lambung :

  1. atrophic gastritis gastritis kronis yang disertai infiltrasi lamina propria, terdapat sel-sel pera­dang di seluruh lapisan mukosa.
  2. catarrhal gastritis peradangan dan hipertrofi, mukosa lambung, dengan sekresi mukus da­lam jumlah berlebihan.
  3. eosinophilic gastritis, gastritis di mana ter­dapat edema dan infiltrasi hebat dari seluruh lapisan dinding antnim pilorus oleh cosinofil.
  4. erosive gastritis, exfoliathe gastritis, gastritis di mana epitel permukaan lambung terkikis (iritasi).
  5. giant hypertrophic gastritis, proliferansi ber­lebihan pada mukosa lambung, menghasil­kan penebalan difus pada dinding lambung.
  6. hypertrophic gastritis, gastritis dengan infil­trasi dan pembesaran kelenjar.
  7. polypous gastritis, gastritis hipertrotilk de­ngan penonjolan polipoid dari mukosa.
  8. pseudon embranous gastritis, gastritis di ma­na membran palsu dengan potongan-potong­an kecil di dalam lambung.
  9. superficial gastritis, peradangan kronis lamina propria, terbatas pada sepertiga bagian luar lapisan mukosa pada daerah foveolar.
  10. toxic gastritis, gastritis yang disebabkan oleh aksi racun atau agen korosif.

 

CONTOH HASIL ENDOSCOPY Gastritis kronis (Radang lambung kronis)

contoh hasil endoscopy gastritis kronis radang lambung kronis

contoh hasil endoscopy gastritis kronis radang lambung kronis 2

Hasil USG Luka lambung & radang lambung

hasil usg radang lambung dan radang lambung

Hasil Endoskopi Luka lambung & radang lambung

hasil endoskopi luka lambung dan radang lambung

Hasil Patologi Anatomi

Untuk mengetahui apakah lambung anda ada bakteri h pylori yang bisa menyebabkan luka/tukak lambung, gastritis radang lambung, sakit lambung yang tidak sembuh2 ini, agar nantinya juga diberantas bakteri h pylori tersebut. Dengan periksa PA patologi anatomi seperti contoh dibawah ini:

Hasil Patologi Anatomi

 

 

 

 

Hasil USG, Endoscopi, PA untuk Mengetahui Lima Macam Gangguan Lambung, Maag Di Bawah Ini.

12 macam gangguan lambung

 

  • OTOT SPHINCTER, (Otot katup lambung)

Ini berkaitan terganggunya kerja katub lambung yang melemah tidak bisa menutup lagi sehingga asam lambung naik ke atas dada, sekitar jantung, tenggorokan, mulut terasa pahit dan asam.

  • Tanaman artemisinin merupakan turunan dari tanaman apsintus(artemisi annua)  hasil penelitian  mempunyai kandungan zat aktif tokoferol, polifenol dan hidroksieugenol yang bermanfaat untuk:
  1. menetralisir asam
  2. zat aktip ini dapat menguatkan otot sphincter lambung yang berkaitan dengan katub lambung.

Daun ini baik untuk lambung

Hasil penelitian ini oleh konsultan secara efektif untuk mengatasi masalah gangguan katup lambung atau gerd. Daun tersebut juga mengandung manfaat antioksidan dan flavonoid  untuk memperbaiki sel sel yang rusak dan baik untuk kerja jantung.

  • Iritasi, sariawan, luka, tukak lambung bisa disebabkan oleh empat hal dibawah ini yang paling dominan:
  1. Bakteri h pylori (hasil penelitian luka lambung 90% diakibat oleh bakteri h pylori). Bakteri tersebut kalau belum terberantas tuntas, sakit lambung berbulan-bulan,bertahun-tahun tidak kunjung sembuh.
  2. Produksi asam lambung yang tinggi terus menerus tidak teratasi akan merusak, melukai lapisan mukosa lambung.
  3. Obat-obatan kimia tertentu bila dikonsumsi dalam waktu lama punya efek samping menimbulkan luka, atau tukak lambung.
  4. Makanan-makanan tertentu bila dikonsumsi bisa merangsang asam lambung tinggi yang giliranya bisa merusak melukai lambung.

Untuk itu anda sekalian yang masih punya masalah lambung atau maag harus memperhatikan secara seksama empat hal tersebut, sehingga upaya penyembuhanya agar berhasil sembuh secara tuntas, bukan kambuh- kambuhan karena yang diatasi hanya menetralisir asam lambung dan menghilangkan rasa nyeri, sakit sesaat saja, dengan obat-obat yang mudah dibeli di warung/toko di sekitarnya.

Solusi Bagi Pasien yang Belum Ada Hasil : USG – Endoscopi

Apakah masalah lambung anda termasuk ada :

  1. Gastritis/Radang lambung
  2. Ulkus/luka lambung ( iritasi, irotif, sariawan, infeksi lambung )
  3. Asam Lambung
  4. Katup Lambung
  5. Gerd

Coba cocokkan dengan pendapat Prof. DR. dr. Gatot Susilo Laverence, S.Ppd (ahli penyakit dalam) saksi ahli dari Universitas Hasanuddin Makasar pada persidangan Jessica kasus tewasnya Mirna pada Rabu 14 September 2016 di bawah ini :

10 poin berkaitan dengan lambunglambung 2

  1. Limposit itu artinya radang kronis
  2. Gastritis kronis artinya radang lambung kronis. Kronis artinya sudah lama lebih 3 bulan. Akut artinya baru
  3. Kalau makan ketan atau kopi lambungnya sakit itu artinya di lambung ada ulkus / luka lambung
  4. Kepada pasien tunjukkan mana yang sakit ? dilambung kanan atau kiri itu artinya ada ulkus/luka di lambung.
  5. Masalah lambung, kalau sakitnya sampai ke belakang pinggang itu jelas- jelas ada ulkus/luka lambung.
  6. Stress stress stress biasa  mengakibatkan ulkus/ luka lambung.
  7. Sering pusing kemungkinan ada ulkus / luka di lambung
  8. Bila produk asam lambung tinggi. Selaput lendir lambung akan rusak bisa iritasi, sariawan, luka lambung
  9. Produk asam lambung  tinggi akan mengakibatkan ulkus / luka di lambung
  10. Bila di lambung ada yang mengganjal, ditekan keras, sakit, terasa penuh itu gastritis atau radang lambung. Bibir warna biru menandakan kekurangan oksigen

Solusi GRIYA HERBAL TAMAN ASRI SRAGEN SPESIALIS LAMBUNG hasil USG, Endoscopi atau sesuai pendapat di atas:

  1. Bila di lambung ada ulkus / luka lambung dan asam lambung maka solusi minum 3×6 kapsul ekstrak kecil : 3 kapsul atasi ulkus / luka lambung dan 3 kapsul atasi asam lambung. Ditunjang herbal super (Super Maag).
  2. Bila di lambung ada gastritis kronis / radang lambung lama dan asam lambung maka solusi minum 3×6 kapsul ekstrak kecil: 3 kapsul atasi gastritis/radang lambung dan 3 kapsul atasi asam lambung, ditunjang herbal super (Super Maag).
  3. Bila dilambung ada : gastritis kronis, luka / tukak lambung, asam lambung maka solusi : gastritis 2 kapsul, luka lambung 2 kapsul dan asam lambung 2 kapsul. Solusi minum 3×6 kapsul ekstrak kecil dan ditunjang herbal super (Super Maag).
  4. Ada ulkus, asam lambung tinggi, GERD, terkadang ada polip lambung ada peradangan di usus halus, peradangan di usus besar. Ada solusi Herbal Super khusus masalah lambung dan masalah di bagian usus halus dan usus besar.
  5. Ada holicobakterpylori. Adanya bakteri h pylori degen pemeriksaan PA ini yang menyebabkan terjadinya erotif luka lambung, gastritis radang lambung, refluks asam lambung tinggi, dengan pengobatan berbulan bulan, bertahun tahun tidak kunjung sembuh. Penelitian terbaru membuktikan bahwa bakteri tersebut  dengan kombinasi aneka herbal antibiotik alami. Yang hasilnya sangat efektip memberantas bakteri h pylori tersebut. Sehingga penyembuhan luka, radang, asam lambung bisa lebih tepat dan cepat.
  6. Gangguan psikis kejiwaan, depresi yang berhubungan dengan adanya gangguan lambung yang sudah kronis, lama terkadang ada gangguan perasaan tidak nyaman, rasa takut berlebihan, tidak percaya diri, tidak percaya kepada orang lain, cemas, kekhawatiran berlebihan, pikiran kacau, mudah emosi, bahkan ada perasaan ingin bunuh diri, kegelisahan berlebihan. Kondisi seperti ini harus pula diatasi dengan herbal khusus atasi masalah psikis kejiwaan tersebut, sehingga penyembuhan masalah lambung tidak terganggu dengan adanya faktor kejiwaan yang labil tersebut.

3. Asam lambung (refluks), gas lambung

8 Penyebab Asam Lambung Naik

  1. Adanya tukak lambung/luka lambung
  2. Adanya gastritis/radang lambung
  3. Adanya Sindrom Iritabilitas Usus
  4. Stress, depresi dan psikosomatik
  5. Obat kimia tertentu
  6. Jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi
  7. Pola makan yang tidak teratur
  8. Gaya hidup yang tidak benar

10 Gejala Asam lambung (Refluks)

Refluks atau naiknya asam lambung ke esofagus (saluran pencernaan, atas) umumnya menimbulkan rasa panas dan terbakar di sekitar dada (bukan sakit jantung). Namun ada pula gejala refluks yang tidak biasa. bahkan sulit dicari hubungannya dengan refluks sehingga seringkali membuat diagnosis yang salah.

Ada 2 kasus pasien :

  1. Divonis dokter sakit jantung disuruh operasi jantung biaya ratusan juta. Setelah didiagnosis konsultan Pak Jarot positif bukan sakit jantung melainkan asam lambung naik. Pak Joko Puro Asri Pensiunan Jaksa diagnosis rumah sakit Surabaya dan
  2. Pak Wanto Guru SMP Negeri 4 Sragen didiagnosis dokter rumah sakit Solo sakit jantung harus operasi, karena tidak tersedia dana beliau menolak, konsultasi dengan Pak Jarot, Pak Jarot bisa membedakan antara sakit jantung dan asam lambung karena pernah lulus pendidikan kapita selekta kardiologi di rumah sakit jantung harapan kita Jakarta tahun 1999.

Maka penting halnya untuk mengetahui gejala refluks guna mendapat pengobatan yang tepat. Berikut ini di antaranya :

Gejala asam lambung :

 

gejala asam lambung-1

4. Radang Usus (Enteritis)

 radang usus enteritis

Gejala : Berat badan turun, BAB terus/diare, sakit perut.

Juga untuk mengatasi radang usus, radang usus buntu (keseluruhan gangguan system saluran pencernaan)

5. Penyakit GERD – Definisi, Gejala, Penyebab

Dikalangan masyarakat awam mungkin istilah Penyakit GERD masih tergolong asing, mereka mendengar pertama kalinya biasanya dari diagnosis oleh dokter atau tenaga kesehatan lainnya. Padahal banyak lho yang mengalami penyakit GERD ini, namun kebanyakan hanya menyebutnya sebagai sakit maag atau asam lambung.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini mari kita berkenalan lebih dekat dengan Penyakit GERD ini. GERD adalah singkatan dari Gastroesophageal reflux disease merupakan penyakit saluran pencernaan yang bersifat kronis. GERD terjadi ketika asam lambung atau terkadang isi lambung naik kembali ke esofagus (refluks) sehingga seseorang akan mengalami mual bahkan muntah. Akibat naiknya asam lambung maka akan mengiritasi dan membakar esofagus atau kerongkongan sehingga menimbulkan rasa panas pada dada (heartburn) sampai bagian dalam leher bahkan tenggorokan.

GERD

Naiknya asam lambung istilah kedokteran disebut gerd : gastroesophageal reflux disease.

Menurut Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, Fak.Kedokteran UI, dan  Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo(FK UI-RSCm) melakukan penelitian di beberapa puskesmas di Jakarta memperlihatkan 3 % GERD datang dengan keluhan :

  • Panas dada seperti terbakar(heart burn)
  • REGURGITASI(kebocoran katub pada lambung)
  • Gejala awal mirip seperti dengan pasien serangan jantung
  • Tapi GERD tidak menyebabkan komplikasi pada jantung

BERDASARKAN HASIL ENDOSCOPI GERD ADA DUA:

  1. GERD DENGAN EROSI.

Biasanya terdapat luka pada kerongkongan bawah, luka ini akibat komplikasi asam lambung naik ke kerongkongan(yang bisa memicu penyakit BARRET atau pra kanker)

  1. GERD TIDAK EROSI.

Tidak ditemukan kelainan luka di kerongkongan bawah. Disebut NERD: non erosive reflux disease.

JIKA ASAM LAMBUNG TINGGI  MENYEBAR KE GIGI, MULUT:mulut gigi laki-laki

  • Dapat menyebabkan erosi dental, asma sesak nafas, sesak dada, panas
  • Faringitis kronis di tenggorokan, sinusitis
  • Laringitis, bahkan muncul jaringan parut di paru paru(fibrosis paru idopatik)

Masalah gerd asam lambung tinggi naik ke esofagus karena gangguan lemahnya otot sphincter lambung  atau lemahnyan otot katub lambung, sebuah penelitian terbaru sudah bisa disembuhkan daun herbal yang punya kandungan tokofenol, polifenol, hidroksieugenol yang dapat menetralisir asam lambung dan mampu memperkuat kerja otot sphincter lambung atau katup lambung, oleh konsultan dimanfaatkan untuk penyambuhan katub lambung program VIP.

a. Gejala GERD

Lebih lengkap berikut gejala-gejala GERD yang perlu Anda ketahui:

  • Rasa terbakar di dada (heartburn), kadang-kadang menyebar sampai ke tenggorokan, bersama dengan rasa asam di mulut
  • Nyeri dada
  • Kesulitan menelan (disfagia)
  • Batuk kering
  • Suara serak dan/atau sakit tenggorokan
  • Terasa tak nyaman / ada benjolan di tenggorokan Regurgitasi (mual-muntah) makanan atau cairan asam lambung (acid reflux)

Gejala GERD diatas tak selalu muncul semua, karena tergantung pula pada tingkat keparahannya.

b. Penyebab GERD

Perbatasan antara esofagus dan lambung terdapat sphincter, yakni otot melingkar yang dapat mengencang (menutup) dan mengendur (membuka). Ketika kita menelan makanan otot sphincter itu akan melonggar sehingga makanan dan cairan mengalir menuju lambung dan seketika setelahnya akan kembali menutup.

Namun, jika katup ini melemah atau mengendur abnormal, maka asam lambung maupun isi lambung akan bisa mengalir kembali ke esofagus (refluks), dan timbullah rasa mulas dan mual.

Jika asam lambung terus-terusan naik, maka akan mengiritasi lapisan esofagus, membuatnya menjadi meradang (esofagitis). Seiring waktu, peradangan dapat merusak lapisan esofagus, menyebabkan komplikasi seperti pendarahan, penyempitan esofagus atau Barrett’s esophagus (kondisi prakanker). Baca juga : Muntah Darah

Faktor-faktor risiko atau kondisi yang bisa menjadi penyebab GERD adalah:

  • Obesitas atau kegemukan
  • Hernia hiatus
  • Pengosongan lambung yang tertunda makanan
  • Merokok
  • Mulut kering
  • Asma
  • Diabetes melitus
  • Gangguan jaringan ikat, seperti skleroderma

GERD berkaitan katup lambung sekarang sudah penemuan herbal baru yang efektif untuk penyembuhan gangguan GERD

Perhatian Bagi yang Punya Maag ! Berikut Contoh Kasus Karena Masalah Asam Lambung :

1. Dokter Ryan Thamrin (Presenter Kesehatan di TV)

ryan-thamrin-dr-oz

Dokter Ryan Thamrin (Foto: Instagram/drryanthamrin_asli) – kumparan.com

Mengungkap kasus dokter Ryan Thamrin yg meninggal mendadak akibat Asam Lambung atau GERD.

Setelah dr. Ryan Thamrin meninggal dunia, kita diharuskan melek informasi tentang apa itu GERD.

Mau tahu akibat dari Asam Lambung  atau GERD ?

(1) Jika asam lambung itu naik ke daerah dada, maka kelak di seputar dada akan terasa panas seperti terbakar. Jika ia naik mengenai area jantung, maka ritme detak jantung bisa terganggu sehingga jantung bisa berdebar-debar kencang sehingga debarannya seperti lonceng yang rasanya seperti mau copot saja.

(2) Jika asam lambung itu naik ke area paru-paru, maka akan mengganggu fungsi paru-paru sehingga kita akan menjadi sering sesak nafas.

(3) Jika asam lambung itu naik ke bagian THT (Tenggorokan, Hidung dan Telinga), maka tenggorokan akan sering terjadi radang, tenggorokan akan sulit menelan. Jika tenggorokan terjadi infeksi, dan kemudian menyempit, inilah yang membuat penderita akan merasakan bila tidur seperti dicekik orang, dan tenggorokan senantiasa terasa ada yang mengganjal.

Lalu apa yang terjadi pada hidung jika sering terkena asam lambung yang naik? Hidung bisa mengalami sinusitis.Gejalanya seperti flu yang tak sembuh-sembuh sepanjang tahun.Bayangkan.Flu satu hari saja rasanya tak enak banget, bagaimana jika itu terjadi dalam sehari-hari selama sepanjang tahun?

Lalu bagaimana pula jika asam lambung merembes ke bagian telinga? Orang yang terkena maag kronis, yang kemudian berkembang menjadi GERD, sering kemudian pendengaran menjadi berkurang, bahkan bisa kehilangan pendengarannya sama sekali. Sangat memprihatinkan, bukan ?

Bukan hanya Tenggorokan, Hidung dan Telinga saja yang kemudian bisa terganggu.Namun, mata pun bisa terkena dampak dari naiknya asam lambung ke mana-mana.Penglihatan orang sakit maag dan GERD sering menjadi terganggu karena syaraf-syaraf mata terganggu oleh asam lambung yang merembes ke mata.Sehingga menjadi kabur penglihatannya.

Bukan itu saja penderitaan maag kronis dan GERD.Karena jika banyak organ menjadi terganggu fungsinya oleh naiknya asam lambung, maka penderitaan yang mereka alami sungguh sangat memprihatinkan. Kecuali lambung rasanya seperti disayat-sayat pisau, maka mereka juga akan sesak nafas, dan jantung berdebar.

Berkaca kasus Dr. Ryan Sakit Maag is a Silent Killer.

Asam lambung itu normal & penting bagi proses cerna dlm tubuh. Tapi jika berlebih & tidak dikelola dgn baik bisa melumpuhkan aktivitasmu, bahkan membunuhmu

 

Semoga bermanfaat.

Dr imam susilo

2. Agus Susanto, SE. (PNS Dinas Perhubungan Sragen)

meninggal karena asam lambung

Maaf Mas Agus Susanto, SE. Siang masih segar bugar dengan senyumnya itu sore sudah tiada

Teman Pak Jarot alumni 1983 SMA N 1 Sragen  yang berbaju kotak kotak Mas Agus Susanto,SE foto siang bersama teman temanya di sebuah acara, sore masih bersama teman grup jip sragen, habis mandi magrib, akibat asam lambung tinggi menyebabkan panas sesak dada. Perjalanan menuju rumah sakit tidak tertolong jiwanya.

Semoga amal ibadahnya, kebaikanya diterima dan kesalahanya diampuni Allah SWT. Amin!

Kejadian tersebut pada tanggal 25 Desember 2017 semua yang mendengar kabar tersebut kaget, begitu cepat teman kita tiada.

c. Gaya Hidup, Tips

Perubahan gaya hidup untuk mengurangi penyakit GERD, antara lain:

  1. Berat Badan Ideal. Usahkan berat badan pada taraf ideal, karena obesitas atau kegemukan akan memperburuk penyakit GERD. Hal ini karena lemak pada perut akan menambah tekanan pada lambung.
  2. Hindari Pakaian ketat. Pakaian yang ketat disekitar perut atau pinggang berpotensi menekan lambung sehingga dapat memperburuk gejala GERD.
  3. Makan Porsi Kecil. Hindari makan dalam jumlah yang berlebihan atau sekaligus banyak.
  4. Jangan Berbaring Setelah Makan. Tunggu setidaknya 3 jam setelah makan sebelum berbaring atau tidur.
  5. Jangan merokok dan minum alkohol. Merokok dapat mengurangi kemampuan sphincter esofagus bagian bawah untuk berfungsi dengan baik. Alkohol tidak baik untuk lambung.

6. Sindrom iritabilias Usus

 sindrom iritabilitas usus

Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau Sindrom Iritabilitas Usus adalah istilah yang diberikan oleh para dokter untuk keadaan ketika usus sering berulah atau mengalami gangguan fungsi tanpa ada penyakit atau alasan jelas.

Bagaimana hal itu terjadi?

Gangguan fungsi usus yang berlangsung singkat merupakan hal biasa dalam kehidupan normal. Pada beberapa orang, usus masih tetap berulah meskipun penyebab awalnya sudah lama menghilang. Kalau mereka mengalami hal seperti itu pergi ke dokter, sangat mungkin akan didiagnosa menderita sindrom ini.

Hal yang sebenarnya terjadi, usus kini menjadi lebih peka akibat penyebab awal, atau akibat reaksi psikologis yang ditimbulkan oleh penyebab awal tersebut. Usus, termasuk rectum, kini menjadi lebih mudah terangsang untuk bergerak lebih cepat dibandingkan yang seharusnya. Akibatnya menjadi berlebihan, atau dengan kata lain, otot-ototnya berkontraksi lebih kuat dari pada seharusnya. Masalah utamanya adalah sinyal dari usus ke system saraf otak dan dengan demikian juga ke pikiran, dikirim lebih sering dari yang seharusnya. Sinyal ini kemudian dicatat sebagai perasaan tidak nyaman seperti sakit perut, kembung dan segera ingin buang angina atau ingin ke belakang

sindrom iritabilitas usus 2

Sayangnya, hal ini kemudian menjadi lingkaran setan. Terlalu memerhatikan satu bagian tubuh membuat sinyal dari bagian tubuh tersebut makin cepat menarik perhatian kita.

Kalau anda merasa sedikit gatal di punggung anda, dan kemudian perhatian anda semakin tertarik ke sana, gatal itu akan semakin terasa.

Kalau anda merasakan sebersit denyut sakit di satu bagian tubuh dan anda pusatkan perhatian anda ke sana, makaakan terasa lebih sakit. Semua rangsangan indra yang terjadi di satu bagian tubuh akan menjadi terasa lebih besar jika perhatian kita terpusat ke sana, dan sebaliknya rasa itu akan teredam atau menghilang jika perhatian kita tertuju pada hal lain.

Sensasi yang muncul dari usus lebih sulit diabaikan dibandingkan gatal atau sebersit rasa sakit karena sifatnya yang mencemaskan dan memealukan. Sayangnya, rasa malu dan cemas itu sering menjadi langkah pertama untuk memusatkan perhatian ke sana, sehingga tanpa sengaja kita telah membuat perut kita menjadi lebih peka terhadap rangsangan.

7. Kanker lambung

 kanker lambung

 

 

Gejala-Gejala Kanker Lambung

Sejauh ini penderita kanker lamnbung di Indonesia kebanyakan berusia di atas 45 tahun dan sering terjadi pada laki-laki. Seperti.jenis kanker lainnya, penyebab kanker lambung belum diketahui secara pasti tetapi selalu berhubungan dengan tukak lambung, peradangan pada lambung yang disertai penyusutan lambung atau faktor genetik.

Dari hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat hubungan antara kanker lambung dengan makanan yang dikonsumsi. Hal ini akan membantu Anda mengenali apa saja faktor resiko terserang kanker lambung, cara melakukan deteksi dini, cara menghindari kanker lambung, dan bagaimana mengetahui gejala-gejala kanker lambung.

Faktor Resiko Terserang Kanker Lambung

Berikut adalah uraian beberapa hal yang dapat menjadi faktor pemicu terkena serangan kanker lambung, yaitu: riwayat keluarga yang menderita penyakit ini, kebiasaan merokok dan minum alkohol, cara mengolah makanan tertentu (seperti makanan yang dibakar kurang matang sehingga masih ada bakteri yang masih belum mati), konsumsi makanan tertentu seperti makanan yang berkadar garam tinggi, makanan dengan pengawet nitrat, alkohol, dan kopi yang dikonsumsi berlebihan atau pada saat perut kosong.

Pencegahan Kanker Lambung

Lakukan pemeriksaan lebih lanjut bila Anda merasakan gejala-gejala kanker lambung berikut : perut terasa kembung, sesudah makan perut terasa penuh, anemia dan cepat lelah, dan berat badan menurun. Seperti pada kanker jenis lain, penyebab kanker lambung belum diketahui jelas. Jadi tidak ada cara untuk mencegahnya. Tetapi Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi resiko kanker lambung dengan membuat peruhahan kecil dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan langkah-langkah berikut: Konsumsi makanan yang bergizi seperti sayuran segar dan makanan yang banyak mengandung vitamin C, A, dan E, hindari makanan yang diawetkan, mengurangi jumlah makanan yang diasap dan terlalu asin, hentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol.

Anda juga dapat bertanya kepada dokter Anda tentang resiko kanker perut. Beberapa kondisi medis yang meningkatkan resiko kanker lambung meliputi seperti : anemia, maag, dan polip. Anda dapat mempertimbangkan periodik endoskopi untuk mencari gejala-gejala kanker lambung. Gangguan pencernaan lain yang lebih berat adalah kanker lambung, kanker usus besar.

Data yayasan kanker Indonesia menyebutkan :

  • Rektum : 56,8 % (poros usus besar)
  • Usus besar : 35,3 %
  • Kanker lambung : data baru belum ada

Terapi herbal super khusus kanker ditangani dengan herbal yang berbeda dan bahan yang berbeda pula. Lihat testimoni www.terapiherbalsuper.com aneka penyakit.