Mengenal Sistem Pencernaan

Pengertian Sistem Pencernaan Pada Manusia

Sistem pencernaan merupakan sistem yang memproses mengubah makanan dan menyerap sari makanan yang berupa nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan juga akan memecah molekul makanan yang kompleks menjadi molekul yang sederhana dengan bantuan enzim sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

sistem pencernaan manusia

A. Arti Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan merupakan tempat mengalirnya makanan yang dimulai dari mulut kemudian masuk ke dalam lambung, selanjutnya makanan masuk ke usus halus kemudian masuk ke usus besar dan akhirnya dikeluarkan melalui anus.

Di setiap organ pencernaan, makanan mengalami berbagai proses. Hampir setiap organ pencernaan mengeluarkan enzim yang berfungsi membantu pencernaan tersebut.

B. Pembagian Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan dibagi 3 bagian yaitu saluran pencernaan bagian atas, saluran pencernaan bagian bawah, dan organ penunjang pencernaan.

1. Saluran Pencernaan Bagian Atas

Pencernaan bagian atas terdiri dari beberapa jenis yaiu :

a.Mulut

Mulut merupakan tempat mengunyah makanan. Gangguan yang sering terjadi pada mulut adalah sakit gigi dan sariawan.

b.Kelenjar ludah

Kelenjar ludah memproduksi air liur. Air liur terdiri dari enzim ptyalin dan mukus. Dengan bantuan air liur tersebut, makanan akan dihancurkan.

c.Faring

Faring adalah bagian dari system pencernaan yang digunakan secara bersama-sama dengan pernapasan.

d.Esofagus

Esofagus adalah bagian dari system pencernaan yang berhubungan langsung dengan lambung. Penyakit yang mungkin terjadi pada esophagus adalah esofagitis.

e.Lambung

Lambung merupakan kantong yang berfungsi sebagai tempat penampungan makanan sementara. Gangguan pada lambung adalah gastritis maupun ulkus(borok)

2. Saluran Pencernaan Bagian Bawah

Saluran pencernaan bagian bawah berfungsi untuk menyerap zat-zat makanan dan menyimpan sisa/ampas makanan. Saluran pencernaan bagian bawah terdiri dari :

a. Usus Halus

Usus halus berfungsi untuk memecahkan makanan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Selanjutnya sari makanan diserap melalui permukaan usus halus dan diedarkan ke seluruh tubuh. Gangguan yang sering terjadi pada usus halus adalah typus.

b.Usus Besar

Usus besar dapat digambarkan sebagai tempat penampungan ampas makanan. Ampas tersebut akhirnya dikeluarkan melalui anus.

3. Organ Penunjang Pencernaan

Sistem pencernaan tidak hanya mencakup pemecahan makanan, tetapi juga membuang racun, pemecahan gula, dan memecah/membuang lemak. Sistem pencernaan dilengkapi organ pencernaan yang melakukan kegiatan tersebut.

a. Pankreas

Pankreas mengeluarkan getah pancreas yang dikeluarkan ke dalam usus halus bagian duodenum. Selain itu pancreas juga mengeluarkan insulin yang langsung dilepaskan ke dalam darah. Insulin berfungsi mengatur keseimbangan gula darah yang merupakan sumber energy utama bagi sel tubuh. Gangguan pada pankreas sering terjadi adalah pankreatitis.

b. Hati

Hati berfungsi sebagai penyaring racun dan membuang zat-zat berbahaya dalam makanan. Gangguan yang sering terjadi pada hati adalah hepatitis, sirosis, maupun kanker hati.

c. Kandung empedu

Kandung empedu menghasilkan garam empedu. Garam empedu berfungsi memecah lemak di duodenum (bagian dari usus halus). Munculnya garam empedu dipicu adanya lemak di dalam duodenum. Bila duodenum terdapat lemak, maka dilepaskan suatu hormon ke dalam darah. Hormon tersebut memaksa empedu untuk melepaskan garam empedu. Gangguan yang sering terjadi pada empedu adalah terbentuknya batu empedu.